Belajar Dari Hagia Sophia

By | September 21, 2020

Harga Kubah Masjid

Kubah masjid Hagia Sophia

Perubahan status museum Hagia Sophia pada tanggal 10 juni 2020 yang difungsikan sebagai masjid yang dilakukan presiden Recep Tayyip Erdogan ramai menjadi perbincangan di berbagai kalangan, tak terkecuali pemimpin katolik roma paus fransiskus misalnya mengungkapkan “kekecewaan” terkait kebijakan tersebut sehingga pro dan kontrapun muncul, media sosial juga ramai dengan informasi simpang siur terkait dengan pembelian hagia sophia oleh sultan mehmed II merupakan rampasan perang.

sultan mehmed II dikenal sebagai sosok yang religius. meski ketika itu usianya masih 20 tahun tetapi dia telah memahami fiqih jihad dengan baik terutama bab pembagian harta rampasan yang didapat baik secara damai atau melalui perang fisik. pembagian itu diserahkan kepada imam atau pemimpin, jika dia berkenan seperlima untuk para mujahid atau mewakafkan untuk umat islam. dua pendapat diatas sebetulnya bermuara pada kesimpulan bahwa Hagia Sophia merupakan wakaf sebagai masjid bagi umat islam.

Sejarah Kubah Masjid

Sementara itu UNESCO memberi peringatan bahwa perubahan status Hagia Sophia harus ditinjau oleh komite badan PBB. Hagia sophia merupakan situs warisan dunia dan sangat indah, status perubahan ini harus diberitahukan terlebih dahulu dan melalui proses peninjauan UNESCO untuk menghindari keputusan apapun yang akan mempengaruhi akses fisik ke situs struktur bangunan properti yang dapat dipindahkan di dalam situs bersejarah.

Pemerintah Turki saat ini hanya mengembalikan Hagia Sophia ke fungsi pemula sebagai masjid tempat ibdah orang islam, dengan menunaikan amanah wakaf sultan muhammad Al- Fatih atas hagia sophia. semoga kita dapat mengambil hikmah dari peristiwa paling bersejarah di tahun 2020.

Dan kita patut bahagia bahwa kini hagia sophia kembali kepada umat muslim, semoga kejayaan umat islam dapat teraih dengan segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *