Amankan Sepuh Cincin Emas di Toko Perhiasan?

By | July 17, 2020

Amankan Sepuh Cincin Emas di Toko Perhiasan

Toko perhiasan emas kini menyediakan jasa lebih lengkap. Setiap toko tidak hanya melayani transaksi jual beli saja namun juga memberikan pelayanan lain seperti perawatan perhiasan yaitu dengan cara cuci atau sepuh. Cara ini tergolong instan karena bisa mengembalikan cincin atau perhiasan Anda kembali tampak kinclong seperti baru.

Namun jika Anda ingin melakukan perawatan sepuh cincin emas tersebut, maka akan dikenakan biaya. Tarif yang di pasang setiap toko akan berbeda satu sama lain dan tergantung dari jenis perhiasan yang akan Anda sepuh. Biasanya tarif untuk sepuh emas berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribua rupiah.

Untuk jenis sepuhnya sendiri ada dua macam yaitu sepuh chrome dan juga gold. Jika Anda memiliki cincin emas putih maka Anda bisa mengubahnya menjadi cincin gold. Akan tetapi warnanya tidak akan bertahan lama dan akan kembali menjadi emas putih. Sementara untuk mengembalikan kilauan emas putih tersebut bisa menyepuhnya dengan warna chrome.

Apakah Aman Menyepuh Cincin Emas?

Cincin pernikahan yang sudah bertahun-tahun biasanya akan berubah warna, terlebih jika digunakan setiap hari. Untuk itu Anda perlu melakukan perawatan agar menjaga cincin tersebut tetap berkilau dan terlihat seperti baru. Selain melakukan perawatan sendiri di rumah, Anda juga bisa menyepuhnya di toko perhiasan emas.

Namun sangat disayangkan hingga saat ini banyak masyarakat yang masih beranggapan jika cara sepuh tersebut tidak aman. Bahkan mereka percaya jika sepuh cincin emas akan membuat perhiasan tersebut menjadi rusak. Pada faktanya menyepuh cincin tidak bersifat merusak, justru dengan perawatan tersebut maka bisa mengembalikan kualitas emas menjadi lebih baik.

Jika dilihat dari tampilannya maka warna cincin emas yang sudah disepuh akan kembali berkilau. Selain itu tambahan permata pada cincin juga tidak akan mengalami kerusakan. Penyepuhan dilakukan dengan cara melapisi emas tersebut dengan menggunakan logam mulia berupa emas atau perak, tergantung permintaan Anda.

Penentuan jenis sepuhan tersebut juga akan berpengaruh pada tarif harga yang harus Anda bayarkan. Jika sepuh cincin emas menggunakan pelapis emas tentu harganya akan lebih mahal dari perak atau logam lainnya. Namun, kualitasnya pasti dijamin lebih baik serta hasilnya memuaskan Anda meskipun sepuhan tersebut hanya bersifat sementara.

Cara Perawatan Cincin Emas Agar Tetap Awet

Selain dengan cara menyepuhnya, Anda juga bisa melakukan sendiri perawatan cincin emas di rumah, dengan cara sebagai berikut:

1.Membersihkan cincin secara rutin

Cobalah untuk membersihkan cincin emas Anda secara rutin. Caranya ialah dengan merendam cincin tersebut pada air hangat selama beberapa menit. Kemudian Anda hanya perlu mengelap atau menyikat pada bagian yang terkena noda. Anda bisa menambahkan pasta gigi, sabun cuci ataupun shampoo agar lebih bersih.

2.Menyimpan di tempat yang lembut

Jika cincin emas Anda tidak digunakan setiap hari maka Anda bisa menyimpannya di tempat yang lembut. Seperti kotak perhiasan yang dilapisi dengan busa serta kain katun. Cara ini akan menghindarkan cincin tersebut dari goresan dan menjaga agar tetap awet sehingga Anda tidak perlu sepuh cincin emas.

3.Hindarkan dari paparan zat kimia

Bahan kimia seperti NaCl ataupun kandungan parfum memiliki sifat korosif. Apabila cincin Anda terkena zat kimia tersebut maka akan menjadi rusak dan warnanya pudar. Untuk itu hindarkan cincin emas yang Anda miliki saat menggunakan parfum ataupun lotion.

Kondisi cincin emas yang sudah bertahun-tahun lama pasti akan berubah warna, kotor dan terlihat kusam. Jika perawatan sederhana yang Anda lakukan tidak berhasil maka Anda bisa membawanya ke toko perhiasan emas untuk disepuh agar kembali berkilau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *